Breaking News
Ayo Gabung
Jadi siapa penemu kata Time is Money

Jadi siapa penemu kata Time is Money

Baca Dulu Yang ini

Sungguh kata bijak yang sering kita dengar dengan " Time is money " tersebut telah begitu sangat sering keluar masuk dalam pendengaran kita, tidak hanya dalam kalangan para pelaku ekonomi, hal tersebut ternyata penulis rasakan telah menjalar juga pada diri seluruh anak manusia yang bila digaris besar mereka belum mengenal apa itu time dan apa itu money, namu para petua mereka selalu berbicara juga kepada mereka tentang time is money.

sebelumnya mari kita ulas sedikit cuplikan bahwasanya yang berkaitan dengan pepatah tersebut dengan kalimat yang simpel dan bisa dengan mudah dimengerti oleh umat semua.
mungkin sebagian orang telah mengenal seorang tokoh yang bernama Benjamin Franklin, ia  lahir di Milk Street, Boston, Massachusetts pada tanggal 17 Januari 1706, anak ke 15 dari 17 bersaudara. Ayahnya bernama Josiah Franklin, bekerja sebagai pembuat sabun dan lilin.  Ben (nama panggilan Benjamin) adalah anak yang cerdas, dan selalu ingin tahu. Pada umur 7 tahun, ia bahkan telah membaca buku-buku berbobot. Pada tahun 1714, saat berusia 8 tahun, Ben dimasukkan di sekolah tata bahasa di Boston Latin School dan belajar dibawah bimbingan guru pribadi selama satu tahun. 

Benjamin Franklin adalah seorang tokoh Amerika Serikat yang terkenal dan telah meninggalkan banyak karya dalam hidupnya. Franklin adalah orang dengan banyak jenis pekerjaan dan keahlian. Dia adalah seorang wartawan, penerbit, pengarang, filosofis, abolisionis, pelayan masyarakat (pejabat), ilmuwan, diplomat, dan penemu, yang penemuannya membuka pengertian yang lebih dalam pada bidang kelistrikan.


Sebagai seorang penulis dia menerbitkan buku “Poor Richards Almanac”. Kata-katanya banyak yang dikutip orang, misalnya “Time Is Money” (waktu adalah uang). “singkatnya jalan menuju kekayaan, jika anda menginginkannya, sederhana jalan ke pasar. Ia tergantung pada dua hal yaitu rajin dan hemat jelasnya adalah janganlah menyia-nyiakan waktu (tidak rajin) ataupun menyia-nyiakan uang (tidak hemat), karena usia dan keinginan, tabunglah selama kamu mampu, karena sinar mentari pagi tidak mungkinlah sepanjang hari”.  

Nah jadi tau kan semua,...
namun mari kita colek dari pandangan islam , sebelumnya kita culik tahun lahir dari  Benjamin Franklin (1706), kemudian dari sisi pandangan islam bahwasanya ternyata Allah SWT telah mengajarkan pada seluruh ciptaaNYA yang tercurah dalam  Surah Al-Asr 

 “1. demi masa. 2. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, 3. kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.” (al-‘Ashr: 1-3) 

tak hanya itu yang mudah kita cerna mungkin sekilas tentang perintah Sholat, mari kita amati bahwa sholat ternyata sudah ada waktu nya masing-masing dan itu harus dilakukan dengan tepat waktu.

kemudian Sholat dalam ajaran islam di seumpamakan dengan tiang agama, sesuai sabda Rasulullah Saw yang artinya “barang siapa mengerjakan sholat berarti menegakkan agamaya dan barang siapa meninggalkan sholat berarti meruntuhkan agamanya”. Dalam hal ini islam juga mengajarkan disiplin waktu, karena dengan disipilin manusia bisa mencapai cita-citanya. Dan dengan sholat kita diajarkan agar lebih menghargai waktu agar digunakan dengan sebaik-baiknya. Ini juga bisa disebut dengan sholat islam mengajarkan profesisionalisme

hal tersebut yang berkaitan dengan Time is money ternyata juga berlaku untuk planet, contoh secuil yaitu munculnya matahari , yaitu pasti disebut pagi hingga siang hari, nah gak mungkin matahari tersebut muncul di malam hari, betul kan.....

dan ini adalagi Suatu ketika Abdullah bin Mas'ud bertanya pada Rasulullah SAW: " Wahai Rasulullah pekerjaan apakah yang paling Allah cintai?", Beliau menjawab: "Shalat pada waktunya". Ia bertanya: "Lalu apalagi Ya Rasul?", Beliau menjawab: "Taat pada orang tua". Ia bertanya: "Lalu apalagi Ya Rasul?", Beliau menjawab: "Jihad di jalan Allah."
sehingga dapat disimpulkan bahwa dalam hadist tersebut terdapat kunci kesuksesan Umat Islam, yaitu dengan memanfaatkan waktu. Ia berargumen karena shalat termasuk ibadah yang sudah ditentukan waktunya. Jika seorang Muslim melaksanakannya tepat waktu, dan juga selalu memperhatikan setiap pekerjaan pada waktunya maka hal itu akan membuat semuanya dapat terlaksana dengan baik sebagaimana mestinya karena ia sudah menjadi sebuah kebiasaan dan watak dalam prilaku dan kehidupan seorang Muslim
jadi untuk jawaban dari pertanyaan tentang siapa penemu kata time is money itu tergantung dari pengertian masing-masing, silahkan anda share bila ini bermanfaat.

Silahkan Berkomentar dengan Bijak dan sopan, Boleh berkomentar sesuai dengan Bahasan namun di larang keras melakukan SPAM

Emoticon