Breaking News
Ayo Gabung
Khatamul Qur’an di Masjid Bunyamin Ponpes Ushuluddin, Tambak Anyar

Khatamul Qur’an di Masjid Bunyamin Ponpes Ushuluddin, Tambak Anyar

Baca Dulu Yang ini

Khatamul Qur’an di Masjid Bunyamin Ponpes Ushuluddin, Tambak Anyar
Ponpes Ushuluddin, Tambak Anyar –
Puasa Ramadhan 1437 H  ini semoga penuh barokah, dalam tradisinya yang setiap bulan ramadhan bahkan menjadi kegiatan rutin Pondok Pesantren Ushuluddin, bahwasanya dalam mengisi kegiatan Ramadhan ini masjid Bunyamin selalu di penuhi santri untuk melakukan Tadarus Al Quran. Ada yang istimewa di ramadhan 2016 ini bahwasanya tidak seperti di ramadhan tahun sebelumnya, sebab di ramadhan ini para santri sudah khatam di puasa mmenginjak 10 hari pertama, semangat yang luar biasa ditunjukan oleh keluarga besar Pondok pesantren Ushuluddin-Tambak Anyar-Martapura Timur, sehingga guna mendukung dan melakukan kegiatan rutin ketika khatam Qur’an atas izin Allah SWT yaitu Pondok pesantren Ushuluddin kemarin tepatnya pada 24 Juni 2016 yang bertempat di masjid bunyamin dan di pimpin langsung oleh Guru besar KH. Muhammad Juchran Erfan Ali pendiri dari Pondok pesantren Ushuluddin mengadakan acara khatam Qur’an.  Tak hanya itu dalam acara tersebut juga bertepatan dengan Haul dari Hj. Ma’ani sehingga suasana sangat ramai.
Dalam acara khatam Alqur’an tersebut yang di buka oleh Ketua Yayasan Ponpes Ushuluddin Ustad Muhammad Husni Tamrin,A.Ma,  dengan bacaan Basamallah, kemudian dalam acara tersebut yang dimulai dari surah Ad – Dhuha di lantunkan oleh Guru Besar KH. Muhammad Juchran dengan nada yang merdu sehingga menjadikan suasana menjadi lebih tertancap di dalam qolbu.
Acara Khatamul Qur’an tersebut di mulai dari jam 14.00 Wita (setelah sholat Ashar ) akan tetapi yang lebih membuat heboh bahwa tamu undangan yang terdiri dari Tokoh masyarakat dan Masyarakat sekitar Pondok Pesantren sudah berhadir sebelum acara dimulai bahkan mereka berserantak untuk berjamaan ashar di Masjid Bunyamin.
Tradisi Khatam Alqur’an sejak dahulu telah di lestarikan oleh keluarga besar pondok Pesantren Ushuluddin tersebut, bahkan akan di jadikan program yang favorit oleh keluarga besar Pondok Pesantren Ushuluddin. Hal tersebut di fungsikan untuk  mempertahankan Tradisi dan menangkal radikalisme yang mencuat beberapa bulan ini.
Berlanjut dari acar khatamul Qur’an yaitu berbuka bersama, sebelum melakukan berbuka bersama adanya tausiyah dari Guru H. Marjuni, dalam tausiyah beliau menjeaskan tentang pentingnya kita sering membaca Al Qur’an dan apalagi lebih penting lagi yaitu memahami dan mengamalkan.
Menurut H. Marjuni dalam tausiahnya menjelaskan pelaksanaan khatamul Quran yang di laksanakan hari sangat pas sekali sebab pada hari ini terdapat nuzulu Qur’an, semoga semuanya selalu mendapat Rahmat Allah SWT dan di jadikan orang yang Taqwa, tutur beliau, tak hanya bahwa taqwa adalah mengerjakan perintahNYA dan Menjauhi LarangaNYA insya Allah tergolong orang-orang Ahlus sunnah wal jamaah, tambah beliau dalam bertausiyah.
H. Marjuni memberikan tips dan trik untuk mudah menggapai dan mendapatkan Nuzulul Qur’an antara lain :
1.       Yakin : Yakin bahwa Alqur’an itu benar dan sempurna dan ketika kita yakin bahwa Al Qur’an itu benar kita tergolong orang-orang yang beruntung.
2.       Suka : Suka disini bisa kita bilang kalau anak jaman sekarang LIKE sehingga kita suka membaca Al Qur’an.
3.       Jaga : dalam point ini yaitu jaga yang dimaksud disini adalah menjaga lidah kita sehingga senantiasa kita mengucap hal yang baik dan penting di siang harinya (dalam puasa)
4.       Memberi : memberikan makanan/minuman kepada orang yang berpuasa (Berbuka)
Demikian semoga kita semua tergolong umat Nabi Muhammad SAW dan di masukkan di dalam Surga Allah SWT.

Silahkan Berkomentar dengan Bijak dan sopan, Boleh berkomentar sesuai dengan Bahasan namun di larang keras melakukan SPAM

Emoticon