Breaking News
Ayo Gabung
Tolong Menolong dan Kerja sama adalah Kebutuhan Utama

Tolong Menolong dan Kerja sama adalah Kebutuhan Utama

Baca Dulu Yang ini



Marilah kita selalu berusaha meningkatkan taqwa kepada Allah SWT. Dengan bersama-sama menjalankan perintahNYA dan Menjauhi segala LaranganNYA, karena perlu kita ketahui bersama bahwa secara prorangan maupun berkelompok bahwa setiap muslim wajib saling tolong menolong dalam urusan dunia dan agamanya. Seperti yang sudah di isyaratkan dalam firman Allah  

وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَىٰ ۖ وَلَا تَعَاوَنُوا عَلَى الْإِثْمِ وَالْعُدْوَانِ ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۖ إِنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ


Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya [al-Mâidah/5:2]

Saling bekerja sama dan saling menolong dan memperbaiki kehidupan kita di dunia dan akhirat itu merupakan perintah Allah SWT bahkan itu adalah kewajiban kita yang utama. Bahkan Nabi Muhammad SAW menganjurkan kita juga untuk saling bekerja sama sebagaimana sabda beliau :

عن أبي موسى الأشعري ـ رضي الله عنه ـ عن النبي ـ صلى الله عليه وسلم ـ قال : ” المؤمن للمؤمن كالبنيان ، يشد بعضه بعضاً ، ثم شبك بين أصابعه ، وكان النبي ـ صلى الله عليه وسلم ـ جالساً ، إذ جاء رجل يسأل ، أو طالب حاجة أقبل علينا بوجهه ، فقال : اشفعوا تؤجروا ، ويقضي الله على لسان نبيه ما شاء ” . رواه البخاري ، ومسلم ، والنسائي

“Orang mukmin itu bagi mukmin lainnya seperti bangunan, sebagiannya menguatkan sebagian yang lain. Kemudian Nabi Muhammad menggabungkan jari-jari tangannya. Ketika itu Nabi Muhammad duduk, tiba-tiba datang seorang lelaki meminta bantuan. Nabi hadapkan wajahnya kepada kami dan bersabda: Tolonglah dia, maka kamu akan mendapatkan pahala. Dan Allah menetapkan lewat lisan Nabi-Nya apa yang dikehendaki.”


Nabi Muhammad SAW mengucapkan sabda tersebut sambil menyatukan kedua telapak tangan beliau, hal tersebut jelas kita pahami bersama bahwa itulah gambara bahwa muslimin saling menyatu dalam kerja sama di bidang-bidang ketaqwaan dan kebikan dan bukan malah sebaliknya kita bekerja sama dibidang kejahatan dan kema’siatan.

Apabila keadaan ummat islam saling menyatu , maka jelas berbagai kebaikan akan menghampirinya bahkan sebaliknya apabila umat islam tidak saling bersatu bahkan saling menghancurkan makan kesengsaraan akan membinasakannya. Seperti halnya sebuah bangunan yang tidak saling menopang dari satu ke yang lainnya sehingga jelas bangunan itu akan mudah runtuh dan hancur.

Kerja sama dan saling menolong diantara kaum muslimin merupakan kebutuhan utama untuk mewujudkan kebahagiaan dan kesempurnaan hidup. Tentunya masalah ini tidak dapat diwujudkan adanya iman dan pengetahuan dari ummat islam tentang kelemahan tersebut. Kususnya tentang apa saja yang disenangi dan di benci Allah semua itu dapat di capai bila mana umat islam dari jiwanya rajin dalam mengingat Allah SWT serta menuntut ilmu, berharap mendapatkan kebahagiaan yang sebenarnya di akhirat nanti.

Iman adalah patokannya, jika iman seseorang sudah kokoh bahkan pengetahuannya tentang Allah SWT semakin bertambah, maka kerja salam dan saling menolong akan mudah diwujudkan dan tentunya kehidupan akan lebih indah dan berkah.

Mudah-mudahan kita sebagai umat islam selalu mampu melakukan  perintah Allah dan selalu mengingatkan untuk menjauhi segala larangan-laranganNYA. Amin ya Rabb.

Dari kesimpulan di atas yang dapat di cuplik sesungguhnya ada beberapa sebab yang dapat memperkokoh atara kerja sama dan saling tolong menolong ialah ketika setiap jiwa seorang muslim selalu menambah kecintaanya dengan sesamanya dan sekaligus menghilangkan sifat-sifat kebencian , permusuhan dan sombong serta egois bahkan sifat buruk lainnya, dengan begitu semoga kita semua termasuk orang-orang yang di firmankan Allah yang artinya saling menasihati dalam kebenaran dan kesabaran.

By : ustadz

Silahkan Berkomentar dengan Bijak dan sopan, Boleh berkomentar sesuai dengan Bahasan namun di larang keras melakukan SPAM

Emoticon