Breaking News
Ayo Gabung
Mari Berhitung dengan Kalkulator Allah

Mari Berhitung dengan Kalkulator Allah

Baca Dulu Yang ini

Ketika kita berfikir Logika bahwa matematika akan mengatakan bahwa 1 - 1 = 0. Namun Allah SWT memiliki rahasia perhitungan jauh melebihi logika matematika tersebut, yaitu "ILMU SHODAQOH". Allah telah menjanjikan, jika manusia mau bershodaqoh, maka Allah pasti akan menggantinya dengan jumlah minimal 10 (sepuluh) kali lipat. Dan, ini ada dasar hukumnya, yaitu tertulis di dalam Al-Qur'an Surat: 6, Ayat: 160, dimana Allah menjanjikan balasan 10 x lipat bagi mereka yang mau berbuat baik. Bahkan di dalam Al-Qur'an Surat: 2, Ayat: 261, Allah menjanjikan balasan sampai 700 x lipat.

Nah dalam tanya jawab dengan Team Redaksi ushuluddin Ustad Muhammad Husni tamrin juga memberikan suatu contoh, ketika kita tanam jagung namun ketika kita mulai panen harga jagung sangat murah, bahkan di katakan sulit dalam pemasaran, mumpung ini bulan Ramadhan, bulan yang penuh berkah, mari kita jual jagung kita kepada Allah, dalam gambaran beliau mengatakan silahkan dihitung jumlah jagungmu dan silahkan dikalikan harga jual di pasar, misal 1 jagung 1000 maka 1000 x 700 , ups hasil yang maksimal bukan, bahkan melebihi apabila kita jual ke sesama makhluk.

bahkan Ustadz Yusuf Mansur memberikan gambaran mengenai hitung-hitungan shodaqoh dengan nama Matematika Shodaqoh, sungguh sangat berbeda dengan ilmu matematika yang dulu pernah kita pelajari di sekolah.

Beliau memberikan ilustrasinya sebagai berikut:

10 - 1 = 9
(ini ilmu matematika yang biasa kita terima di sekolah dulu.)

Tetapi ilmu Matematika Shodaqoh adalah sebagai berikut:

10 - 1 = 19
(ini menggunakan dasar, bahwa Allah membalas 10 x lipat pemberian kita.)

Sehingga kalau dilanjutkan, maka akan ketemu ilustrasi seperti berikut ini:

10 - 2     = 28
10 - 3     = 37
10 - 4     = 46
10 - 5     = 55
10 - 6     = 64
10 - 7     = 73
10 - 8     = 82
10 - 9     = 91
10 - 10   = 100

Lihatlah hasil akhirnya.

Kita tinggal mengalikan dengan angka 10, berapa pun yang kita shodaqoh kan atau kita berikan dengan ikhlas kepada orang lain yang membutuhkan bantuan kita. Ingatlah, balasan 10 x lipat dari Allah itu adalah balasan minimal. Dan, kita pakai balasan dari Allah yang minimal saja sebagai acuan berhitung, yaitu 10 x lipat, tidak usah berhitung yang 700 x lipat, khawatir kalkulator Anda error.

Tapi hebatnya, kalkulator Allah mampu menghitung semua amal yang dilakukan makhluknya. Oleh karena itu, kita perlu merasa rugi besar jika kita hanya mengeluarkan shodaqoh dengan jumlah minimal.

Semakin banyak bershodaqoh, maka pasti semakin banyak gantinya dari Allah SWT. Tinggal kita yang mau membuka mata, bahwa pengembalian dari Allah itu bentuknya apa? Bukalah "mata hati" kita, selalu lah berpikir positif kepada Allah. Bukankah Allah berfirman, "Aku adalah sebagaimana yang diprasangkakan hamba-Ku kepada-Ku". Oleh karena itu, selalu lah berprasangka baik kepada Allah, maka Allah akan dengan serta merta menunjukkan Ke-Maha Kebaikan-Nya kepada kita. Allah pasti membalas kebaikan kita dengan balasan yang PAS, yang setimpal dengan amal perbuatan kita.

Mari Gemar Ber-shodaqoh...
---------------------------------------

مَنْ جَاءَ بِالْحَسَنَةِ فَلَهُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا وَمَنْ جَاءَ بِالسَّيِّئَةِ فَلا يُجْزَى إِلا مِثْلَهَا وَهُمْ لا يُظْلَمُونَ 

"Barang siapa membawa amal yang baik maka baginya (pahala) sepuluh kali lipat amalnya; dan barang siapa yang membawa perbuatan yang jahat maka dia tidak diberi pembalasan melainkan seimbang dengan kejahatannya, sedang mereka sedikit pun tidak dianiaya (dirugikan)."(QS. Al-An'am:160)


مَّثَلُ الَّذِينَ يُنفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ فِي سَبِيلِ اللّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِي كُلِّ سُنبُلَةٍ مِّئَةُ حَبَّةٍ وَاللّهُ يُضَاعِفُ لِمَن يَشَاءُ وَاللّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ
 "Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkah-kan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang me-numbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir: seratus biji. Allah melipat-gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha luas (kurnia-Nya) lagi Maha mengetahui. (QS. Al Baharah:261)"

Semoga tulisan diatas dapat menjadi dorongan hati nurani kita untuk selalu gemar bershodakoh.

Penceramah : Ustad Muhammad Husni Tamrin, A.Ma

Silahkan Berkomentar dengan Bijak dan sopan, Boleh berkomentar sesuai dengan Bahasan namun di larang keras melakukan SPAM

Emoticon