Breaking News
Ayo Gabung
Luar Biasa ilmu meninggikan derajat

Luar Biasa ilmu meninggikan derajat

Baca Dulu Yang ini

Assalamu’alaikum Wr. Wb
 
Mari Kita tingkatkan ketaqwaan kita semua dan semoga kita semua dapatnya untuk tidak mendekati kematian terkecuali tetap berpegang teguh dalam syariat islam yang jelasnya kita dalam agama islam.
Dan semoga para pembaca website Pondok Pesantren Salafiyah Ushuluddin Tambak Anyar Martpura ini selalu mendapatkan Rahmat dan selalu dimurahkannya Rizki yang berlimpah oleh Allah SWT. Amin ya Rabbal’alamin.
PPS Ushuluddin
Ust. Ahmad Syaoqie


Dalam bahasan kali ini sedikit kita ulas tentang pentingnya mencari ilmu entah ilmu dunia dan ilmu agama, yang jelasnya mencarilah ilmu yang bermanfaat. Sebab ilmu itu dapatnya di gambarkan adalah Ruh  yang berada pada jazad kita. Ilmu yang bermanfaat dapatnya membarikan cahaya.
Sebagaimana penting nya mencari ilmu sesuai dengan Firman Allah SWT dalam Al Qur’an pada Surah al-Mujadalah ayat 11 :

يَرْفَعِ اللهُ الَّذِينَ ءَامَنُوا مِنكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ وَاللهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرُُ
 
Artinya :
Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat (Q.s. al-Mujadalah : 11)

Dalam pernyataan diatas sangat jelas bahwasanya Allah lah yang meninggikan orang yang memiliki ilmu.Yang jelasnya dalam mencari ilmu yang wajib adalah kita dalam mencari ilmu Agama, sebab ilmu tersebut mampu mengiringi kita dari dunia hingga akhirat nantinya.hal tersebut terurai dari tingginya kedudukan orang-orang  yang berilmu tersebut. Beberapa Hadist tentang ilmu dijelaskan pentingnya tentang mencari ilmu.

مَنْ أَرَا دَالدُّنْيَا فَعَلَيْهِ بِا لْعِلْمِ، وَمَنْ أَرَادَالْاآخِرَةَ فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ، وَمَنْ أَرَادَهُمَا فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ
Artinya : ”Barang siapa yang menghendaki kehidupan dunia maka wajib baginya memiliki ilmu, dan barang siapa yang menghendaki kehidupan Akherat, maka wajib baginya memiliki ilmu, dan barang siapa menghendaki keduanya maka wajib baginya memiliki ilmu”. (HR. Turmudzi)

مَنْ أَرَادَ الدُّنْيَا فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ, وَمَنْ أَرَادَ الأَخِرَةَ فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ, وَمَنْ أَرَادَهُمَا فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ
"Barang siapa menginginkan soal-soal yang berhubungan dengan dunia, wajiblah ia memiliki ilmunya ; dan barang siapa yang ingin (selamat dan berbahagia) di akhirat, wajiblah ia mengetahui ilmunya pula; dan barangsiapa yang menginginkan kedua-duanya, wajiblah ia memiliki ilmu kedua-duanya pula". (HR. Bukhari dan Muslim)

مَنْ سَلَكَ طَرِيْقًا يَلْتَمِسُ فِيْهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللهُ بِهِ طَرِيْقًا إِلَىالْجَنَّةِ
Artinya : ”Barang siapa yang menempuh jalan untuk mencari suatu ilmu. Niscaya Allah memudahkannya ke jalan menuju surga”. (HR. Turmudzi)

Untuk itu semoga kita semua pada umumnya dan para pembaca ini pada khususnya selalu senantiasa di berikan kemudahan dalam mencari ilmu oleh Allah SWT dan sehingga di tinggikannya derajatnya juga oleh Allah SWT.

Silahkan Berkomentar dengan Bijak dan sopan, Boleh berkomentar sesuai dengan Bahasan namun di larang keras melakukan SPAM

Emoticon