Breaking News
Ayo Gabung
Indahnya Islam itu saling bersaudara

Indahnya Islam itu saling bersaudara

Baca Dulu Yang ini

Perlu kita ingat kembali layaknya persaudaraan sangatlah penting karena hal tersebut adalah merupakan pondasi dari suatu bangunan menuju islam yang kokoh dan merupakan standart kualitas Iman.
Mendengar kalimat diatas mungkin sebaiknya Anda  baca dahulu artikel yang berjudul Pentingnya Ukhuwah dalam Islam , Bila anda belum membacanya silahkan buka dan baca link tersebut.

Ada kalanya kita sering melihat sebagian dari mereka saling berseteru dan saling dendam, yang menjadi  pertanyaan apakah alangkah lebih baiknya mereka juga menerapkan pada diri mereka tentang hadist dari sabda Rosulullah SAW yang berbunyi :

أَصَابِعِه بَيْنَ وَيُشْبِكُ بَعْضًا بَعْضُهُمْ يَشُدُّ ،كَالْبُنْيَانِ لِلْمُؤْمِنِ اَلْمُؤْمِنُ
Artinya :
“ seorang mukmin dengan mukmin lainya bagaikan satu bangunan, bagian yang satu menguatkan bagian yang lain.” (HR Bukhari Muslim)

Nah sungguh sabda diatas sungguh sangat jelas sekali bahwa mukmin satu dengan mukmin yang lainya itu berhubungan, sehingga dapat mewujudkan suatu bangunan yang kuat dan kokoh, karena mereka saling menguatkan dan bukan saling menjatuhkan.
Tak hanya itu bahwa  Rosulullah SAW juga bersabda bahwa :

مَثَلُ الْمُؤْمِنِيْنَ فيِ تَوَادِّهِمْ وَتَرَاحُمِهِمْ وَتَعَاطُفِهِمْ كَمَثَلِ الْجَسَدِ اْلوَاحِدِ إِذَا اشْتَكَى مِنْهُ عُضْوٌ تَدَاعَى سَائِرُ الْجَسَدِ بِالْحُمَّى وَالسَّهَرِ. 
"Perumpamaan kaum mukminin di dalam saling cinta-mencintai, sayang menyayangi dan saling tenggang rasa adalah bagaikan tubuh yang satu, apabila satu anggota tubuh sakit, maka seluruh tubuh turut merasakan sakit dan tidak bisa tidur." (Muttafaq alaih).

Dengan demikian tidak layak seorang sesama mukminin saling menghujat, membenci bahkan sampai menusuk-nusuk sesamanya walau itu dengan kata maupun tingkah laku , apabila hal tersebut dilakukan sangat perlu dipertanyakan keimanan dan siapa itu mereka.
Demikian artikel diatas dapatnya dijadikan suatu wacana untuk saling memaafkan dan menjaga keharmonisan dalam sesama mukmin. Salam Ushuluddin.


Silahkan Berkomentar dengan Bijak dan sopan, Boleh berkomentar sesuai dengan Bahasan namun di larang keras melakukan SPAM

Emoticon